021-8520670 info@gbparking.co.id

Tips Parkir Mobil Paralel, Ini Harus Diperhatikan Agar Tak Nyenggol Kendaraan Lain

Keterbatasan lahan parkir sering membuat beberapa tempat mengharuskan pengendara memarkirkan mobil secara paralel. Parkir mobil paralel menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian pengemudi.

Kondisi parkir paralel membutuhkan teknik tersendiri, jarak mobil di depan dan belakang biasanya cukup berdekatan sehingga membuat parkir jenis ini lebih sulit dibandingkan model parkir lain. Selain harus mempelajari cara parkir dengan baik dan benar, pengendara juga dapat memanfaatkan sensor parkir yang tersemat di mobilnya.

“Sensor parkir ini berguna untuk memberikan peringatan jika ada objek yang dekat dengan bagian mobil, dan sensor inilah yang memudahkan pengendara saat parkir di area sempit. Bahkan, beberapa model mobil sudah dilengkapi dengan fitur kamera parkir yang disematkan di bagian belakang, serta kamera 360 derajat,” ujar Ketua Indonesia Parking Association (IPA) Rio Octaviano dalam keterangan pers Suzuki, Rabu (17/5/2023).

Berikut tips parkir mobil paralel agar tidak menyenggol kendaraan lain.

  1. Pastikan lokasi parkir paralel Saat sedang mencari tempat parkir, pengendaraharus memastikan bahwa lokasi tersebut memang diharuskan untuk parkir paralel. Biasanya, terdapat marka khusus parkir paralel yang disediakan pemilik tempat. “Saat mulai memarkir mobil secara paralel, pastikan Anda tahu posisi mobil Anda dengan baik. Periksa jarak mobil Anda dari kendaraan di depan dan di belakang, serta pastikan mobil Anda sejajar dengan mobil yang terparkir di samping,” ujar Rio
  2. Beri tanda lampu sein Berikan tanda akan parkir bagi pengendara lain dengan nyalakan lampu sein. Ini dilakukan agar pengendara mobil lain dapat menunggu atau tidak tergesa-gesa lewat saat mobil dalam posisi bermanuver untuk parkir.
  3. Masuk parkir dengan mundur Parkir paralel akan menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan cara memundurkan mobil dan memasukan bagian buritan terlebih dahulu ke area parkir paralel yang tersedia. “Apabila Anda memulai masuk parkir dengan posisi bagian depan diperlukan manuver dan waktu yang lebih lama hingga menyelesaikan parkir dengan rapi,” kata Rio.
  4. Gunakan teknik angka 8 Teknik ini bisa membantu Anda memarkir mobil secara paralel dengan mudah. Mulai dari posisi awal yang sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan tergantung dari lokasi parkir paralel dan kemudian berjalan mundur hingga sudut belakang mobil Anda mencapai sudut parkir. Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.
  5. Perhatikan rem dan gas Tempat parkir paralel biasanya tidak terlalu luas, pengendara harus lebih berhati-hati menginjak pedal rem dan gas. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam agar pergerakan mobil tidak agresif.  Pengendara harus bisa mengendalikan pedal rem dan pedal gas secara seimbang, karena jika tidak bisa seimbang, dikhawatirkan akan menyenggol mobil lain. Selain itu, manfaatkan spion mobil kiri dan kanan untuk mengetahui posisi kendaraan lain.
  6. Perhatikan posisi mobil Setelah mobil terparkir, pastikan bahwa posisi mobil Anda tepat di antara garis parkir dan tidak menonjol ke luar. Lihat jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan dan belakang cukup untuk dapat membuka pintu mobil dengan aman.  Untuk parkir paralel, perlu diperhatikan apakah perlu menarik rem tangan atau tidak, hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar, kontur jalan atau dapat ditanyakan kepada petugas parkir setempat. Untuk tuas transmisi automatic, jika kesulitan saat posisi parkir paralel dengan posisi tuas di N dapat melihat pada buku petunjuk pengguna kendaraan Suzuki.
  7. Latihan rutin Semakin sering memarkir mobil paralel, semakin mudah pula melakukannya. Latihan yang rutin bisa membantu pengemudi memperbaiki teknik dan menjadi lebih percaya diri saat memarkir mobil paralel. “Saat mobil sudah dalam posisi kaca pintu tertutup rapat, sebelum keluar mobil, pengendara harus memastikan AC, lampu kendaraan, hingga audio sudah dalam kondisi mati. Pastikan tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Terakhir, pastikan tidak meninggalkan barang yang mudah terbakar dan parkirlah di area yang teduh agar mobil tetap terlindungi dari terik matahari,” ujar Rio

Sumber : https://www.inews.id/otomotif/mobil/tips-parkir-mobil-paralel-ini-harus-diperhatikan-agar-tak-nyenggol-kendaraan-lain

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp us